Prosedur, Syarat dan Cara Membuat e-KTP Baru

Cara Buat e-KTP – Merupakan sebuah tanda pengenal, KTP termasuk sebagai salah satu kartu yang harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia. Namun untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang harus dimiliki saat ini, berbeda dengan jenis KTP yang umum dipergunakan sebelumnya. Hal tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah pada masyarakat untuk menggunakan e-KTP sebagai kartu identitas mereka. Dengan adanya KTP Elektronik itu, diharapkan bahwa pihak yang bersangkutan nantinya bisa mendapatkan data penduduk yang lebih lengkap dan valid tentunya. Seiring dengan perkembangannya, beberapa KTP Elektronik, tidak sedikit yang menerapkan sistem masa berlaku kartu seumur hidup.

Cara Daftar e-KTP

Cara Daftar e-KTP (tempo.co)

Di dalam KTP Elektronik, terdapat dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan Nasional. e-KTP tidak boleh digandakan atau setiap penduduk hanya memiliki 1 (satu) Kartu Tanda Penduduk yang di dalamnya tercantum data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nomor Induk Kependudukan merupakan identitas dari setiap penduduk yang berlaku seumur hidup. Cara buat e-KTP dan prosedurnya, bisa dilakukan oleh masing-masing pihak atau masyarakat Indonesia yang sudah menginjak usia 17 tahun ke atas.

Ketika sudah menginjak usia 17 tahun atau sudah menikah, prosedur dan cara buat e-KTP sudah bisa dilakukan dengan catatan harus memenuhi setiap persyaratan atau ketentuan yang berlaku. Salah satu persyaratan yang sangat diperlukan dalam proses pembuatan e-KTP adalah KK atau Kartu Keluarga. Dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk yang valid, nantinya setiap pihak yang telah mempunyai KTP bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk keperluan-keperluan tertentu yang memerlukan KTP sebagai bukti identitas. Bagi yang belum tahu bagaimana cara buat e-KTP dan Prosedur pembuatannya, maka tidak ada salahnya jika menyimak ringkasan informasi berikut;

Syarat Daftar e-KTP

Sebelum melakukan cara buat e-KTP masing-masing calon pemilik kartu identitas diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan yang telah diberlakukan. Adapun beberapa syarat yang diperlukan antara lain sudah berusia lebih dari 17 tahun, membawa dan menunjukkan surat pengantar dari RT/RW setempat dan Foto Copy Kartu Keluarga (KK). Supaya proses bisa berjalan dengan lebih mudah, maka ada baiknya jika sebelumnya melakukan konfirmasi dengan RT/RW setempat agar mendapat arahan dan syarat-syarat yang diperlukan. Setelah mendapatkan arahan yang jelas serta surat pengantar dari RT/RW dan telah memenuhi persyaratan yang diperlukan, langkah cara buat e-KTP ialah sebagai berikut.

Cara Membuat e-KTP

  • Datang langsung ke tempat pelayanan dan mengambil nomor antrian
  • Menuju ke loket yang telah ditentukan setelah dipanggil
  • Kemudian, tunjukkan surat pengantar dari RT/RW yang sebelumnya telah didapatkan
  • Setelah itu, akan dimintai untuk melengkapi data seperti foto (digital), tanda tangan pada alat perekam sidik jari digital, scan retina mata dan lain-lain
  • Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan database
  • Petugas membutuhkan TTD dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus menjadi tanda bukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto dan tanda tangan sidik jari
  • Setelah semua data telah terisi dengan lengkap, jelas dan benar, kemudian penduduk akan dipersilahkan untuk pulang dan menunggu pembuatan atau proses pencetakan e-KTP selesai.

Prosedur Cara Buat e-KTP

Langkah-langkah dari pembuatan KTP Elektronik hampir sama halnya dengan prosedur pembuatan KTP sebelumnya. Hanya saja dalam hal ini diperlukan tambahan data seperti pengambilan sidik jari dan scan retina mata. Kedua data tersebut ditujukan agar terciptanya data tunggal atau setiap orang hanya dapat memiliki 1 (satu) identitas Kartu Tanda Penduduk. Dengan artian identitas itu tidak bisa digandakan atau bahkan dipalsukan. Menerbitkan administrasi orang per orang di Indonesia supaya setiap identitas dan mobilitasnya dapat tercatat dan terpantau dengan jelas dan benar oleh Negara, juga merupakan salah satu maksud atau fungsi daripada adanya e-KTP.

Source:

cara daftar e ktp baru