3 Cara Cek HP Android Asli atau Palsu Secara Mudah

Cara Cek HP Android Asli atau Palsu – Seiring dengan perkembangannya, sampai saat ini tidak sedikit bermunculan seluler-seluler dengan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai macam aplikasi. Dari tahun ke tahun pun setiap Smartphone juga terus mengalami pengembangan atau pembaruan. Terlebih untuk menunjang sistem terdahulu-nya. Di tanah air sendiri, ada cukup banyak merek atau jenis Smartphone yang umum beredar di pasaran. Mulai dari Blackberry, Windows Phone, iPhone dan Android.

Cara Cek HP Android Asli dan Palsu

Cara Cek HP Android Asli dan Palsu (androidauthority.net)

Dari beberapa merek atau jenis Smartphone seperti yang disebutkan, mungkin yang paling banyak digunakan sekarang ini ialah Android. Didukung dengan sistem yang memadai serta harga yang memungkinkan untuk dijangkau berbagai kalangan sesuai dengan tipe dan mereknya, tak lepas menjadi salah satu sebab mengapa tidak sedikit yang beralih pada pemakaian Android. Namun dengan semakin maraknya pemasaran produk-produk HP berbasis OS Android, pada akhirnya pun tak sedikit keluar barang tiruan seperti yang di istilahkan KW, Replika, Super Copy atau semacamnya. Terlebih lagi kini masyarakat juga diresahkan dengan cara cek hp Android asli atau palsu yang sulit untuk dibedakan.

Mengingat pernyataan tersebut, maka ada baiknya jika setiap calon pembeli terlebih dahulu memastikan HP Android yang ingin dibeli tergolong sebagai barang asli atau palsu. Meskipun merupakan barang palsu atau KW, namun beberapa HP Android tiruan sekilas memiliki kemiripan yang cukup sulit untuk dibedakan dengan barang asli. Dalam hal ini, diperlukan ketelitian lebih guna menghindari pembelian barang palsu. Bagi yang ingin melakukan pengecekan keaslian barang, namun belum tahu bagaimana caranya, maka tidak ada salahnya jika menyimak cara cek HP Android asli atau palsu sebagai berikut.

Cek HP Android Asli / Palsu Melalui IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) atau yang juga bisa disebut dengan nomor seri, pada umumnya berbeda untuk setiap perangkat. HP Android asli, pada dasarnya memiliki nomor seri untuk setiap perangkat. Serial number tersebut, tersebut bisa diketahui dengan beberapa cara. Salah satu cara cek IMEI HP adalah dengan Dial *#06*#. Selain dengan Dial, pada dusbook HP dan dibalik baterai umumnya terdapat kode IMEI. Untuk HP Android palsu atau tiruan, biasanya tertera IMEI saat dicek melalui *#06*#. HP Android palsu atau tiruan, biasanya tidak dilengkapi dengan adanya IMEI pada menu Dial ke nomor tersebut.

Namun untuk beberapa perangkat yang mengalami kesalahan pada software saat produksi, terkadang juga tidak muncul IMEI saat dicek. Disisi lain, apabila nomor seri sudah diketahui, maka langkah cara cek Android asli atau palsu yang berikutnya adalah dengan memasukkan nomor IMEI ke penyedia data atau catatan HP. Salah satu penyedia data seperti yang dimaksud, salah satunya adalah website www.imei.info.com. Masukan IMEI yang ada pada kolom website yang telah disediakan, kemudian klik CHECK. Tunggu beberapa saat dan akan muncul informasi tentang perangkat. Baik informasi mengenai merek, tipe, spesifikasi dan lain sebagainya.

Cek HP Android Melalui Kode Unik

Setiap merek HP Android telah memiliki kode unik tersendiri yang mana bisa dipergunakan untuk mengecek kondisi perangkat tersebut. Semisal untuk HP Android merek Sony yang mempunyai kode *#*#7378423*#*#. Sedangkan untuk merek HP Samsung kode unik yang dimiliki ialah *#0*#. Jika misalnya HP Android yang dimiliki adalah merek Samsung, maka saat melakukan Dial ke *#0*#, maka akan pengguna akan dialihkan ke menu test mode.

Di dalam menu test mode tersebut, pengguna akan disuguhi berbagai macam pilihan seperti test mode yang meliputi pengujian warna seperti Red, Green, Blue. Test Receiver, Vibration, Dimming, Mega Cam, Sensor, Touch, Sleep dan Speaker. Namun perlu untuk diketahui bahwa beberapa barang palsu atau tiruan ada juga yang tetap bisa memunculkan menu tersebut. Oleh karena itu, ketelitian serta jam terbang sangat diperlukan untuk mengecek keaslian HP Android.

Cek Android Asli atau Palsu via Aplikasi AnTuTu Benchmark

Karena cara cek HP Android asli atau palsu atau tiruan melalui metode pengecekan IMEI dan kode unik bisa saja kurang akurat, maka solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan cara lain. Salah satu cara cek keaslian HP Android selain dengan kedua cara seperti yang telah disampaikan yakni dengan memanfaatkan aplikasi AnTuTu Benchmark.

Setelah aplikasi tersebut telah didapatkan, selanjutnya cek spesifikasi lengkap yang terdapat pada perangkat Android. Cocok-kan spesifikasi yang muncul pada aplikasi AnTuTu Benchmark dengan spesifikasi yang telah dicek pada imei.info yang telah dicoba tadi. Apabila keduanya sama persis, maka tidak menutup kemungkinan kalau HP Android yang dimiliki merupakan barang asli.