Syarat & Cara Daftar NPWP Secara Online (eRegistration)

Cara Daftar NPWP Online – Pajak adalah iuran rakyat kepada Negara yang telah ditentukan berdasarkan undang-undang. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa setiap WP atau wajib pajak (orang pribadi atau badan) dapat dipaksakan untuk membayar iuran pajak kepada Negara, sesuai dengan ketentuan undang-undang. Balas jasa dari iuran pajak, tidak didapatkan secara langsung oleh masyarakat atau juga pihak Wajib Pajak itu sendiri. Melainkan tidak secara langsung, semisal untuk membangun berbagai macam fasilitas publik seperti perbaikan atau pembangunan jalan, membangun sekolah, untuk puskesmas, untuk pertahanan, keamanan dan lain sebagainya. Beberapa perihal tersebut merupakan perwujudan atau balas jasa dari pembayaran pajak yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Cara Daftar NPWP

Cara Daftar NPWP (pajak.go.id)

Selain untuk pembangunan dari beraneka ragam fasilitas publik, dana yang terkumpul dari iuran pajak juga digunakan untuk Anggaran Pendidikan, Anggaran Infrastruktur, Subsidi Energi dan Anggaran Kesehatan. Mengingat begitu pentingnya pajak bagi Negara begitu juga setiap masyarakat, maka diharapkan untuk semua pihak agar sadar terhadap pajak dengan memenuhi kewajibannya sebagai Wajib Pajak untuk membayar iuran pajak. WP atau Wajib Pajak sendiri, dikategorikan menjadi dua golongan, yaitu Wajib Pajak Pribadi dan Wajib Pajak Badan. Berbeda dengan wajib pajak badan, wajib pajak pribadi adalah setiap orang pribadi yang memiliki penghasilan di atas pendapatan tidak kena pajak. Di Indonesia, setiap orang mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri guna mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak sendiri merupakan suatu nomor identitas yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. Tak terkecuali untuk perorangan/pribadi, koperasi, perusahaan, PT, CV, Firma, BUMN, kongsi, Persekutuan, Organisasi Massa dan Politik, Yayasan dan lain-lain. NPWP memiliki peran sebagai sarana administrasi perpajakan, identitas Wajib Pajak dan persyaratan pelayanan umum misalkan untuk pengajuan perbankan salah satunya. Apabila sebelumnya Wajib Pajak hanya bisa membuat atau mendaftar NPWP dengan datang langsung ke kantor pajak, namun saat ini pendaftaran NPWP telah dipermudah yakni bisa daftar NPWP secara online. Bagi yang belum tahu bagaimana prosedur beserta persyaratan untuk daftar NPW secara online, maka tidak ada salahnya jika menyimak cara daftar NPWP secara online sebagai berikut.

Cara Daftar NPWP Secara Online

Prosedur pertama dari cara daftar NPWP Online adalah dengan membuat akun di Ereg Pajak terlebih dahulu. Bagi Wajib Pajak yang belum terdaftar, maka bisa segara mengunjungi website Ereg Pajak yang melayani pendaftaran NPWP Secara Online. Untuk mengakses website tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi tautan https://ereg.pajak.go.id.

Setelah berhasil masuk ke website Ereg Pajak, selanjutnya isi kolom-kolom pendaftaran dan ikuti setiap petunjuknya. Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa Email yang tadi dipergunakan untuk mendaftar. Periksa pesan Email yang masuk dan dikirimkan oleh pihak Ereg Pajak. Buka pesan Email tersebut, lalu klik tautan yang tertera didalamnya untuk melanjutkan cara daftar NPWP online.

Seusai meng-klik tautan yang telah dikirim oleh Ereg Pajak yang ada di dalam pesan tersebut, kemudian Anda akan otomatis dialihkan ke halaman pendaftaran NPWP online. Apabila Anda laki-laki atau perempuan lajang, maka pilih status “Pusat”. Namun jika Anda adalah perempuan yang sudah dan berkeinginan untuk mencabangkan NPWP pada suami Anda, maka pilih cabang.

Syarat Daftar NPWP

Setelah menyelesaikan 1 sampai 7 langkah yang terdapat pada halaman pendaftaran dari Ereg Pajak sebagaimana yang telah disampaikan di atas, maka selanjutnya tibalah pada langkah ke 8. Di langkah ke 8 ini, Anda akan dimintai untuk melengkapi persyaratan dengan mengunggah dokumen-dokumen yang telah ditentukan. Adapun beberapa dokumen yang perlu diunggah di Ereg Pajak seperti yang dimaksud, ialah sebagai berikut;

  1. Wajib Pajak Orang Pribadi yang Tidak Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  1. Wajib Pajak Orang Pribadi yang Menjalankan Usaha / Pekerjaan Bebas
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah sekurang-kurangnya Lurah atau Kepala Desa.
  1. Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Status Wanita Kawin
  • Kartu identitas (KTP) bagi WNI
  • Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA
  • Fotokopi kartu NPWP suami
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Prosedur Daftar NPWP

Jika pengisian formulir telah selesai dilakukan, kemudian klik tombol atau tautan dengan format “Token” yang telah disediakan pada halaman tersebut. Setelah itu, segera cek Email Anda untuk mendapatkan token yang digunakan untuk validasi. Apabila lebih dari 1 (satu) menit tapi token belum juga didapat, maka klik ulang tautan “Token”.

Setelah token telah terkirim pada Email atau telah didapatkan, selanjutnya salin token atau kode tersebut. Kemudian, segera kembali ke halaman dari website Ereg Pajak lalu klik “Kirim” dan paste atau tempel kode token pada kolom “Token”. Sesudah kode token ditempelkan, berikutnya klik “Kirim Permohonan”.

Apabila semua prosedur telah dilakukan secara lengkap, jelas dan benar, dalam 14 hari kerja, kartu NPWP Anda akan dikirimkan ke alamat yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar. Bila kartu NPWP belum juga didapatkan lebih dari waktu tenggang tersebut, maka kemungkinannya terdapat dokumen yang belum lengkap atau kurang jelas, sehingga dianggap tidak sah.

Dengan demikian, cara daftar NPWP secara online perlu dilakukan lagi dengan lebih teliti. Agar pendaftaran tidak gagal lagi, maka ikuti setiap prosedur yang diberikan dengan benar, jelas dan lengkap. Selain itu, usahakan bahwa setiap dokumen yang digunakan sebagai persyaratan pendaftaran harus lengkap, jelas dan sesuai dengan identitas Anda.