Prosedur Cara dan Syarat Membuat Rekening Bank Mandiri

Cara Membuat Rekening Mandiri – Menabung merupakan salah satu kegiatan yang terbilang sangat perlu dilakukan oleh setiap orang. Terlebih untuk pihak-pihak yang seringkali dituntut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu yang tidak terduga dikemudian hari. Oleh karena itu, guna menghindari hal-hal yang kurang diinginkan, maka ada baiknya jika mulai menabung sejak dini. Sehubungan dengan menabung, terdapat beberapa pihak yang menyediakan jasa yang berkaitan dengan kegiatan menabung, terkhusus untuk tabungan yang berupa tunai. Adapun jasa seperti yang dimaksud salah satunya adalah bank. Dan untuk bank sendiri, ada beraneka macam bank yang tersebar hampir ke seluruh tanah air.

Cara Buka Rekening Bank Mandiri

Cara Buka Rekening Bank Mandiri (Tempo.co)

Dari sekian banyaknya bank, ada beberapa bank yang mungkin umum diketahui atau bahkan kerap dipergunakan oleh sebagian besar masyarakat seperti BCA (Bank Central Asia), BRI (Bank Rakyat Indonesia), BNI (Bank Negara Indonesia), CIMB Niaga, Mandiri dan masih banyak lagi bank-bank lainnya. Pembuatan atau pendaftaran rekening, belum tentu sama untuk setiap bank. Dimana cara membuat rekening Mandiri, tidak menutup kemungkinan kalau berbeda dengan cara daftar rekening bank BCA atau lain sebagainya. Untuk persyaratannya pun juga demikian, yang mana syarat dan ketentuan dari pembuatan rekening yang diberlakukan oleh setiap bank belum tentu sama.

Disamping cara dan syarat atau ketentuan pembukaan rekening dari masing-masing bank yang belum tentu sama, jenis tabungan dari setiap bank pun juga cukup bervariasi. Semisal untuk jenis tabungan dari bank BRI yang beberapa diantaranya BRI Simpedes, BRI Britama dan BRI Junio. Dan untuk tabungan bank Mandiri yang jenisnya cukup beragam seperti Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Rencana, Mandiri Tabungan Haji, Mandiri Tabungan Bisnis dan Mandiri Tabungan Valas. Terlepas dari itu, bagi rekan-rekan yang berkeinginan untuk membuat rekening dari Bank Mandiri ini, namun masih belum mengetahu cara serta syarat atau ketentuannya, maka tidak ada salahnya jika menyimak beberapa ringkasan informasi mengenai cara membuat rekening bank Mandiri sebagai berikut;

Prosedur Cara Membuka Rekening Mandiri

Langkah pertama dari pembuatan rekening bank Mandiri ialah dengan datang langsung ke kantor Bank. Setelah sampai dan masuk ke kantor bank Mandiri, biasanya Anda akan ditanyai oleh satpam bank perihal apa yang bisa dibantu oleh satpam tersebut. Langsung saja sampaikan maksud kedatangan Anda ke tempat tersebut adalah untuk membuat rekening. Setelah itu, Anda akan diberi arahan oleh satpam mengenai langkah-langkah dari pembuatan rekening. Atau jika tidak, maka Anda bisa mengambil nomor antrian.

Ketika mengambil nomor antrian, karena Anda bertujuan untuk membuat rekening, maka ambil nomor antrian untuk CS (costumer servise) dan bukan nomor antrian untuk Teller. Bisa demikian, sebab Teller bank pada umumnya mempunyai tugas untuk melayani nasabah yang melakukan transaksi finansial seperti pengambilan tunai misalnya. Disisi lain, apabila sudah mengambil nomor antrian, selanjutnya tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil oleh CS bank.

Seusai dipanggil untuk menghadap CS bank dengan nomor yang ditentukan, kemudian Anda akan ditanyai maksud Anda datang ke kantor bank dan perihal apa yang bisa dibantu oleh CS tersebut. Langsung saja utarakan pada CS bank bahwa Anda bermaksud untuk membuka atau membuat rekening bank Mandiri. Setelah itu, CS bank akan menjelaskan panjang lebar mengenai jenis-jenis tabungan, biaya-biaya administrasi yang dikenakan pada masing-masing jenis tabungan, syarat-syarat dan ketentuan dari setiap jenis tabungan dan lain sebagainya. Sehubungan dengan itu, adapun beberapa syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh bank Mandiri ialah sebagai berikut;

Syarat Buka Rekening Bank Mandiri

KTP/SIM/PASSPORT

Beberapa tahun lalu, mungkin ada beberapa pihak yang mengaku kesulitan untuk membuat rekening bank Mandiri lantaran Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak sesuai dengan domisili tempat tinggal atau lokasi kantor bank Mandiri yang hendak dibuat untuk mendaftarkan rekening. Meski demikian, namun tidak sedikit yang mengutarakan bahwa mulai tahun 2015 lalu, bank Mandiri masih menerima KTP yang berbeda dari daerah kantor bank Mandiri tersebut berada.

Identitas atau Kartu Nama Perusahaan

Persyaratan yang berupa Kartu Nama Perusahaan tempat Anda bekerja ini, banyak dibilang hanya opsional saja. Meski demikian, namun usahakan Kartu Nama Perusahaan ada. Sebab identitas tersebut, diperlukan untuk mengisi formulir pembuatan rekening bank Mandiri dan mungkin akan lebih mempermudah proses pembuatan rekening itu sendiri.

Setoran Awal

Sama halnya dengan bank-bank lainnya seperti BRI dan BCA, ketika membuat rekening Mandiri calon nasabah juga diharuskan untuk memberikan setoran awal ke Teller bank dengan jumlah minimum Rp. 500.000. Setelah cara membuat rekening bank Mandiri telah berjalan dengan baik dan pembuatan rekening berhasil, setoran awal tersebut sudah bisa diambil melalui mesin atau bilik ATM. Namun saldo dalam rekening yang berasal dari setoran awal, pada umumnya belum bisa ditransfer dalam jangka waktu tertentu (biasanya menunggu setelah 24 jam).

Menandatangani Formulir dan Mengisi Materai

Setalah beberapa persyaratan seperti yang telah disebutkan telah terpenuhi, selanjutnya adalah menandatangani formulir pembuatan rekening dan mengisi material materai 6000. Jika tidak membawa materai, biasanya pihak bank juga menyediakannya. Namun Anda juga harus mengganti biaya materai tersebut.

Cara membuat rekening bank Mandiri seperti yang telah disampaikan di atas adalah beberapa cara yang diperoleh dari sumber-sumber tertentu. Apabila ada cara dan syarat yang kurang jelas atau kurang lengkap, maka Anda bisa menanyakan pada pihak bank secara langsung dengan layanan call 1500046. Terlepas dari itu, jika sudah mendaftar dan rekening bank Mandiri telah berhasil dibuat, nasabah atau pengguna juga bisa memanfaatkan layanan-layanan yang diberikan oleh pihak bank guna menunjang kenyamanan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Baik itu yang berupa finansial seperti transfer saldo dan pembayaran tagihan listrik, atau transaksi non finansial seperti cek saldo dan informasi mutasi rekening. Layanan yang bisa dipergunakan untuk mengintergrasikan beberapa transaksi tersebut, diantaranya ialah SMS Banking, Internet Banking dan M Banking atau Mobile Banking mandiri.

Source:

cara mengisi formulir pembukaan rekening bank mandiri, contoh mengisi formulir bank mandiri, peraturan pembuatan cek bank