Prosedur, Syarat dan Cara Cepat Mengurus Balik Nama Motor

Cara Mengurus Balik Nama Motor – Data kepemilikan dari kendaraan bermotor khususnya sepeda motor, sebaiknya sesuai dengan identitas dari pihak yang memiliki kendaraan itu sendiri. Jika data yang tertera berbeda, maka suatu saat pemilik akan kesulitan untuk melakukan berbagai macam pengurusan seperti saat perpanjangan pajak setiap tahunnya dan ganti nomor polisi yang dilakukan lima tahun sekali. Tidak sesuainya data pada SNTK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), biasa terjadi ketika suatu pihak melakukan pembelian sepeda motor bekas.

Cara Mengurus Balik Nama Motor

Cara Mengurus Balik Nama Motor (kompasiana.com)

Saat mengurus perpanjangan pajak atau penggantian nomor polisi kendaraan bermotor, akibatnya pemilik akan sedikit kesulitan jika data yang terdapat pada kedua identitas tersebut tidak sama dengan nama pemilik sekarang. Jika tidak segera dilakukan balik nama kepemilikan, maka nantinya akan sedikit merepotkan lantaran pemilik harus bolak-balik untuk meminjam data diri berupa KTP dan dokumen lainnya dari pemilik sepeda motor yang sebelumnya. Oleh karena itu, guna menghindari hal-hal yang kurang diinginkan, maka ada baiknya jika cara mengurus balik nama motor segera diketahui dan diterapkan.

Balik nama kepemilikan kendaraan bermotor merupakan perubahan atau lebih tepatnya pengalihan kepemilikan dari pemilik pertama ke pemilik kedua dan seterusnya. Dengan dilakukannya balik nama, ditujukan untuk mengubah data kepemilikan yang terdapat pada STNK dan BPKB. Mengurus balik nama motor, diperlukan biaya serta persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan. Terlepas dari itu semua, bagi yang belum mengetahui bagaimana cara mengurus balik nama motor berdasarkan persyaratan dan prosedurnya, maka tidak ada salahnya jika menyimak ringkasan informasi sebagai berikut.

Syarat Balik Nama STNK Motor

  • STNK asli dan fotocopy
  • KTP pemilik baru (asli dan fotocopy)
  • BPKB asli dan fotocopy
  • Faktur atau kwitansi pembelian sepeda motor yang ditanda tangani di atas materai.

Cara Mengurus Balik Nama STNK Motor

Datang langsung ke SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) dengan membawa beberapa persyaratan seperti yang telah disampaikan di atas. Namun untuk BPKB asli dan kwitansi pembelian jangan disertakan terlebih dahulu atau pegang secara terpisah. Setelah itu, lakukan tes fisik dengan membawa sepeda motor ke tempat cek fisik yang telah disediakan.

Jika sudah selesai, maka Anda akan menerima lembaran yang merupakan hasil dari pengecekan fisik kendaraan bermotor. Termasuk perihal gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin kendaraan yang nantinya diserahkan bersamaan dengan berkas-berkas atau kelengkapan yang telah disiapkan ke loket tempat pengesahan cek fisik khusus Balik Nama, sekaligus membayar biaya yang dikenakan untuk cek fisik.

Apabila sudah selesai divalidasi, hasil dari pengecekan fisik beserta berkas yang telah terkumpul tadi akan dikembalikan ke pihak pengurus balik nama. Selanjutnya buat salinan atau fotocopy hasil pengesahan dari cek fisik dan kwitansi pembelian yang diperlukan untuk melakukan pengurusan balik nama BPKB di POLDA setelah STNK berhasil dibalik nama oleh pihak SAMSAT.

Setelah melakukan tes fisik, jangan lewatkan langkah pendaftaran balik nama. Pendaftaran tersebut dapat dilakukan di loket pendaftaran Balik Nama yang umumnya bertempat di gedung SAMSAT. Siapkan beberapa berkas untuk balik nama yang diantaranya STNK (asli dan fotocopy), BPKB (asli dan fotocopy), hasil cek fisik yang telah divalidasi dan kwitansi atas pembelian motor yang ditanda tangani di atas materai. Tunjukan berkas-berkas tersebut pada petugas agar diperiksa kelengkapannya.

Seusai berkas yang dibawa telah diberikan ke petugas, maka Anda akan diberi formulir dan diharapkan untuk mengisinya dengan lengkap, jelas dan benar. Setelah formulir tersebut terisi, serahkan kembali formulir beserta berkas kelengkapan. Tunggu hingga dipanggil dan kemudian Anda akan diberi tanda terima yang menunjukkan bahwa berkas sedang diproses. Bersamaan dengan itu, berkas yang berupa BPKB dan KTP asli akan dikembalikan lagi pada pemilik dan akan dimintai juga untuk membayar biaya sebagai pendaftaran balik nama.

Jika semuanya selesai dan berjalan dengan lancar, maka cara mengurus balik nama motor untuk balik nama STNK sudah berhasil dilakukan. Apabila Anda tidak diberi tahu kapan harus datang kembali ke kantor pelayanan untuk proses selanjutnya, maka tanyakan langsung pada petugas. Waktu tenggang untuk kembali ke pengurusan, biasa berkisar antara 2-5 hari.

Setelah hari H, dimana pengurus dimintai kembali untuk mengurus balik nama, diharapkan untuk setiap pengurus untuk datang kembali ke kantor SAMSAT dengan membawa lembaran tanda terima beserta BPKB asli. Bawa tanda terima ke loket pendaftaran balik nama dan tunjukkan BPKB asli Anda jika diminta. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyerahkan fotocopy dari kwitansi pembelian motor dan hasil pemeriksaan cek fisik kepada petugas.

Berkas-berkas yang telah diserahkan, nantinya akan disatukan dalam satu map dengan berkas lainnya oleh petugas untuk dijadikan sebagai arsip. Kemudian Anda akan diberi notice pajak yang berisi perincian dan jumlah pajak yang harus dibayar. Berikutnya segera lakukan pembayaran di loket pembayaran yang ada pada kantor SAMSAT tersebut.

Apabila pembayaran pajak telah dilakukan, cara mengurus balik nama motor selanjutnya adalah dengan mengambil STNK dengan nama baru yang telah jadi. Prosedurnya ialah menunggu waktu Anda hingga dipanggil atau dimintai untuk mengambil STNK yang telah diganti namanya (balik nama) menjadi nama Anda. Setelah balik nama STNK ini selesai, lengkah berikutnya Anda bisa mengurus balik nama BPKB motor.

Prosedur Mengurus Balik Nama BPKB Motor

Cara mengurus balik nama BPKB motor bisa dilakukan dengan datang langsung ke Polda. Namun sebelum mendatangi Polda, persiapkan beberapa perlengkapan yang telah ditentukan yang mana nantinya dipergunakan sebagai persyaratan balik nama BPKB. Dan adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi antara lain fotocopy STNK yang telah dibalik nama, fotocopy KTP, fotocopy BPKB, Fotocopy hasil pengesahan cek fisik, fotocopy kwitansi pembelian motor dan BPKB asli.

Setelah semua berkas sudah dipersiapkan, kemudian datang ke kantor Polda untuk mengambil nomor antrean dan formulir untuk balik nama BPKB. Nomor antrean dan formulir tersebut akan diberikan oleh petugas yang nantinya akan memeriksa kelengkapan berkas Anda. Apabila berkas sudah diperiksa dan dikatakan lengkap, maka nantinya oleh petugas, Anda akan diberi tanda pembayaran ke bank. Lakukan pembayaran ke bank dengan nominal yang telah tertera pada tanda pembayaran.

Pembayaran tersebut, umumnya dilakukan di bank BRI. Setelah pembayaran dilakukan, kemudian Anda akan diberi salinan slip bukti setoran dan stiker atau tanda khusus yang nantinya untuk ditempelkan pada formulir pendaftaran. Jika pembayaran sudah lunas, selanjutnya isi formulir pendaftaran sesuai dengan data sepeda motor yang dimiliki dan jangan lupa juga untuk menempelkan stiker atau tanda khusus yang tadi didapat dari bank untuk ditempelkan pada formulir pendaftaran.

Setelah formulir telah terisi dengan jelas, lengkap dan benar, langsung saja ke tempat penyerahan formulir tetapi ambil nomor antrean terlebih dahulu. Tunggu hingga nama Anda dipanggil lalu serahkan formulir dan berkas kepada petugas. Kemudian Anda akan diberi tanda terima sebagai bukit BPKB Anda telah didaftarkan dan sedang dalam proses balik nama. Tanda terima itu juga berisi mengenai tanggal BPKB Anda selesai diproses.

Cara mengurus balik nama motor yang terakhir adalah dengan menunggu panggilan yang telah tertera pada tanda terima sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Setelah jatuh pada tanggal yang telah ditentukan, segera kembali ke kantor Polda untuk mengambil BPKB yang telah jadi dan jangan lupa juga untuk membawa tanda terima dan fotocopy KTP.

Sebelum mengambil BPKB, ambil nomor antrean terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat hingga nama Anda dipanggil oleh petugas. Setalah dipanggil Anda akan dimintai untuk menyerahkan tanda terima dan fotocopy KTP yang telah dibawa. Setelah data yang Anda bawa dicocokkan oleh petugas, kemudian BPKB yang telah dibalik nama akan diserahkan kepada Anda dan proses cara mengurus balik nama sepeda motor sudah berhasil dilakukan sepenuhnya.

Source:

syarat balik nama sepeda motor, cara balik nama bpkb motor