Cara Mudah Root HP Android Tanpa Menggunakan PC

Cara Root HP Android – Sampai saat ini, memang tidak sedikit pihak yang beralih pada penggunaan Handphone yang masuk ke dalam golongan Smartphone. Dan untuk Smartphone sendiri, cukup banyak macam merek atau jenisnya. Mulai dari Blackberry, iPhone, Windows Phone, Android dan lain sebagainya. Masing-masing Smartphone telah memboyong kelebihan tersendiri. Semisal untuk iPhone yang banyak digunakan lantaran akses dari sistem yang cukup menjanjikan, namun dibandrol dengan harga yang juga menakjubkan. Mengingat harganya yang terbilang begitu spektakuler, maka cukup wajar apabila pengguna iPhone tidak sebanyak pengguna Android.

Cara Root Android

Cara Root Android (zoomtech.ir)

Banyaknya penggunaan Android oleh sebagian besar pihak, tidak hanya dikarenakan harganya yang hampir mampu dijangkau oleh berbagai kalangan. Namun karena sistem atau spesifikasi yang memungkinkan untuk mengakses berbagai macam aplikasi, mungkin juga menjadi salah satu sebab mengapa tidak sedikit yang tertarik pada penggunaan Smartphone tersebut. Meskipun telah dibekali dengan sistem yang cukup memadai, akan tetapi akses dari setiap Android juga terbatas untuk penggunanya. Guna memperoleh akses yang tak terbatas terhadap sistem Android, pengguna bisa memodifikasinya dengan cara root HP Android.

Dengan melakukan cara root Android, pada nantinya pengguna bisa memiliki akses penuh untuk mengintegrasikan sistem yang ada. Baik untuk akses penuh terhadap file, command hingga system linux. Dengan demikian, pengguna bisa dengan lebih leluasa untuk menambah, mengubah, menghapus bahkan hingga merusak atau membobol semua yang ada pada sistem Android tersebut. Ketika akan melakukan root pada Smartphone Android, diperlukan aplikasi atau file-file tertentu yang bisa digunakan untuk proses root. Terlepas dari itu, bagi yang ingin melakukan root, namun belum tahu caranya, maka tidak ada salahnya jika menyimak cara root HP Android sebagai berikut;

Cara Root Android via Aplikasi FramaRoot

  • Pertama-tama, siapkan aplikasi FramaRoot 1.9.2 Apk atau versi Terbaru
  • Setelah ter-unduh, kemudian extract dan install aplikasi FramaRoot tersebut di perangkat Android yang dimiliki
  • Buka aplikasi FramaRoot, kemudian ganti menu Select an action to execute after root dengan install Superuser atau install SuperSU (disarankan untuk memilih install Superuser)
  • Kemudian, pilih Gandalf, nantinya aplikasi ini akan melakukan rooting secara otomatis
  • Tunggu hingga proses rooting selesai
  • Beberapa saat kemudian akan muncul notifikasi dengan format superuser and su binary installed. you have to reboot your device
  • Setelah itu, tekan ok pada notifikasi tersebut
  • Selanjutnya reboot atau restart perangkat Android yang dimiliki
  • Setelah perangkat Android diaktifkan ulang, cari aplikasi Super SU dan install binary mode normal
  • Jika langkah-langkah di atas sudah berhasil, maka proses root telah selesai.

Namun perlu untuk diketahui bahwa aplikasi FramaRoot, belum tentu kompatibel atau sesuai dengan semua perangkat Android. Dengan kata lain, ada beberapa merek atau jenis Android yang bisa di-root menggunakan FramaRoot dan juga ada yang tidak. Disamping itu, sebelum melakukan root terhadap Android yang dimiliki perlu untuk diketahui bahwa metode tersebut dapat menghilangkan garansi dari perangkat Android. Oleh sebab itu, ada baiknya jika root hanya dilakukan pada perangkat yang garansinya sudah tidak berlaku. Kerusakan sistem, mungkin juga dapat terjadi saat proses rooting berlangsung.