Tarif / Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Terbaru Setiap Bulan

Tarif / Iuran BPJS Kesehatan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau yang disingkat menjadi BPJS Kesehatan, merupakan program milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menjalankan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tak terkecuali untuk WNI yang tergolong sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya, rakyat biasa dan Badan Usaha lainnya. Disamping BPJS Kesehatan, masih ada program lain yang mana juga dioperasikan oleh BPJS. Salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan atau yang juga umum disebut dengan BPJSTK.

Iuran Tarif BPJS Kesehatan

Iuran Tarif BPJS Kesehatan (kaltim.prokal.co)

Badan usaha milik pemerintah yang dulunya bernama ASKES ini, membagi peserta menjadi dua kategori yang berbeda. Peserta BPJS Kesehatan yang pertama ialah Penerima Bantuan Iuran atau yang juga disebut sebagai PBI. Secara umum peserta tersebut, didata atau didaftarkan oleh ketua RT, RW atau pihak yang bersangkutan lainnya. Peserta PBI ditujukan bagi pihak-pihak yang kurang mampu. Sedangkan untuk kategori yang kedua, yaitu peserta yang mendaftarkan diri secara individu dan membayar iuran setiap sesuai dengan kelas yang dipilih. Sehubungan dengan kelasnya, setiap kelas yang dipilih, masing-masing memberlakukan tarif atau iuran BPJS Kesehatan yang berbeda-beda.

Berdasarkan tingkatan kelas yang ada, dibagi menjadi tiga golongan. Adapun beberapa kelas seperti yang dimaksud, meliputi kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Selain berbedanya iuran yang harus dibayar setiap bulannya, pada umumnya nilai atau nominal kenaikan tarif iuran dari setiap kelas juga berbeda-beda. Terlepas dari itu, bagi rekan-rekan yang belum mengetahui berapa nominal iuran dari setiap kelasnya, maka tidak ada salahnya jika menyimak informasi mengenai tarif atau iuran BPJS Kesehatan yang telah diringkas dalam bentuk tabel sebagaimana berikut ini;

Daftar Tarif / Iuran BPJS Kesehatan

Kelas Iuran Awal Iuran Baru Nilai Kenaikan
Kelas 1 Rp. 59.500 Rp. 80.000 Rp. 20.500
Kelas 2 Rp. 42.500 Rp. 51.000 Rp. 8.500
Kelas 3 Rp. 25.500 Rp. 25.500 – Tidak Ada Kenaikan

Daftar iuran BPJS Kesehatan seperti yang baru saja disampaikan, merupakan beberapa kumpulan tarif yang berhasil dipublikasikan dengan melibatkan pihak tertentu sebagai sumber atau referensinya. Namun perlu diketahui, bahwa tarif BPJS Kesehatan bisa saja berubah nominal setiap saat. Perubahan jumlah iuran tersebut ditentukan oleh pihak yang berwenang seperti pemerintah dan presiden. Mengingat pernyataan itu, cukup wajar apabila dikemudian hari terdapat perbedaan antara daftar di atas dengan kebijakan tarif atau iuran BPJS Kesehatan yang berlaku.